Kerja Praktek, Gerbang Menuju Dunia Kerja

Pelaksanaan kerja praktek di suatu proyek pembangunan akan memberikan banyak pelajaran yang diperoleh dalam bidang teknik sipil, baik yang menyangkut teknis di lapangan maupun manajemen proyek. Pengalaman-pengalaman ini melengkapi pengetahuan mahasiswa yang didapatkan selama bangku perkuliahan.


Suatu proyek pembangunan merupakan pekerjaan yang kompleks dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit untuk menunjang keberhasilan suatu proyek pembangunan, tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas bahan material yang digunakan, tetapi juga dipengaruhi oleh perencanaan metode/ cara kerja yang akan diterapkan dan kerja sama / koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan proyek pembangunan tersebut.

Dalam proyek, segala sesuatunya harus direncanakan dan diperhitungkan secara matang dan seksama agar dalam proses pelaksanaan pekerjaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Selain itu, kesadaran, semangat kerja, dan tanggung jawab dari masing-masing personil untuk melaksanakan tugasnya merupakan faktor yang penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya proyek pembangunan tersebut.

Manfaat dengan dilakukannya kerja praktek yaitu menyadari bahwa teori dibangku perkuliahan hanyalah sebuah pelajaran kecil sedangkan proyek riil adalah pelajaran yang sesungguhnya bagi seorang calon engineer karena berbagai masalah yang timbul di lapangan diperlukan kecerdasan dan pengalaman bukan hanya sekedar memahami teori akan tetapi bagaimana menemukan solusi dari setiap permasalahan yang terjadi, hal inilah yang mutlak dimiliki oleh seorang engineer.  

Jadi, manfaatkanlah kesempatan saat kerja praktek dengan sebaik-baiknya, agar ketika melangkah ke dunia kerja tidak akan merasa canggung dan serba tidak tahu tapi menjadi seorang lulusan sarjana dengan segudang pengalaman dan dicari oleh banyak perusahaan.

Related Posts:

0 Response to "Kerja Praktek, Gerbang Menuju Dunia Kerja"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.