Penipuan Email Bank Mandiri Palsu

Penipuan kian hari kian canggih saja, dulu saya pernah menulis Hati-hati Penipuan Toko Online dan kini secara tak sengaja menjadi korban Penipuan Email Bank Mandiri Palsu. Beberapa waktu yang lalu saya menerima email dari “mib.operation@bankmandiri.co.id” perihal informasi untuk meng-upgrade account Internet Banking Mandiri kita. Sepintas saya tidak curiga karena alamat email pengirim memakai email @bankmandiri.co.id ditambah adanya logo bank Mandiri semakin membuat saya percaya ini adalah email asli tetapi rupanya ini adalah penipuan yang sangat berkelas.

Email Palsu dari Bank Mandiri

Didalam email tersebut terdapat attachment file yang isinya tautan link dan pesan bahwa Bank Mandiri sedang meng-upgrade sistem perbank-kan onlinenya dalam rangka meningkatkan performa dan menambah fitur layanan untuk kenyaman bertransaksi. Untuk mengupgrade account kita disuruh mengklik tautan link palsu https://mib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form untuk Bisnis atau https://ib.bankmandiri.co.id/sme/common/login.do untuk Personal. Upaya penipu untuk lebih meyakinkan korban dengan menambahkan sedikit ancaman bahwa apabila kita gagal mengupgrade account maka secara otomatis layanan Online banking kita akan di tutup. Siapapun yang tidak hati-hati bisa tertipu dengan link palsu ini.

Link Palsu Bank Mandiri

Padahal jika kita teliti ketika membuka tautan link palsu tersebut ternyata berbeda dengan link yang dituju yakni http://filipdent.ro/media/cms/css/IB/, di link palsu tersebut kita diminta memasukkan data berupa USER ID, PIN Internet Banking, Name of Account dan Phone Number, berbahaya sekali jika semua data ini diketahui oleh orang lain karena pelaku bisa mulus menguras habis isi ATM kita.

Input Data di Link Palsu Bank Mandiri

Kejahatan ini merupakan tindak pindana yang sangat keji dan canggih karena bisa menggunakan alamat email Bank Mandiri dalam mengelabui calon korbannya, hal ini bisa terjadi karena dua kemungkinan pertama, memang ada orang dalam yang memanfaatkan kewenangannya untuk melakukan penipuan ini atau yang kedua, memang pelaku termasuk orang IT canggih yang bisa memanipulasi alamat email sesuai dengan keinginannya dengan teknik phising. Teknik phising adalah teknik untuk memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit kita secara tidak sah dan ilegal. Informasi yang telah didapatkan kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. Teknik phising yang biasanya dilakukan oleh pelaku kejahatan diantaranya yaitu:

  • Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan Nasabah sehingga Nasabah terpancing menerima keabsahan e-mail atau website. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti; bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti; password, PIN dan nomor kartu kredit
  • Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi atau pelaku phishing mengirimkan e-mail yang berisikan link ke situs palsu tersebut.
  • Membuat hyperlink ke website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.

Jika kita sudah terlanjur melakukannya maka ada beberapa hal yang harus SEGERA kita lakukan antara lain:
  1. Login ke https://ib.bankmandiri.co.id lalu cek saldo kita apakah berkurang atau tidak.
  2. Jika saldo kita masih aman maka si pelaku belum sempat untuk menguras isi ATM kita. Hal yang harus kita lakukan SEGERA adalah mengubah Password Internet Banking kita. Setelah login pilih “Administrasi” kemudian klik “Ubah PIN Mandiri Internet”. Ganti dengan PIN yang berbeda sama sekali agar tidak mudah terbongkar, karena bila kita menggunakan password yang mirip bisa dengan mudah dibongkar oleh pelaku yang ahli IT.
  3. Setelah itu Lapor ke Mandiri Call Center 14000, kita bisa meminta mengganti akun dengan yang baru.
  4. Bila isi ATM kita sudah terkuras langsung lapor ke Mandiri Call Center 14000 untuk diupayakan langkah selanjutnya.

Sekian penjelasan singkat mengenai Penipuan Email Bank Mandiri Palsu semoga membuat kita semakin waspada akan tindak kejahatan disekitar kita dan Semoga kita semua tidak menjadi korban penipuan baru dikemudian hari, Amin.

Related Posts:

0 Response to "Penipuan Email Bank Mandiri Palsu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.