Tips Lulus Tes TKD CPNS

Lowongan CPNS 2014 telah digelar Pemerintah semenjak beberapa waktu yang lalu, Ratusan ribu orang pendaftar tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi bagian dari Pemerintahan. Pertanyaan paling umum yang sering didengar adalah bagaimana cara agar bisa lulus tes CPNS? Sulit tidak soal-soalnya? Katanya menggunakan system CAT ya? Susah tidak dalam mengoperasikannya? Jawaban saya adalah tidak ada yang mustahil bagi kita semua agar bisa lolos menempuh ujian Tes CPNS asal ada kemauan. Bagi anda yang sudah siap betul ingin menjadi bagian dari Pelayan Masyarakat berikut Tips Lulus Tes CPNS.

Tes TKD dengan menggunakan Sistem CAT
sumber: http://www.setkab.go.id/
Sebelum masuk lebih jauh tentang itu saya jelaskan lebih dahulu bahwa Tes CPNS dibagi menjadi dua bagian yakni:
  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB), tes ini berisi soal-soal terkait dengan jabatan yang akan kita pilih semisal Teknik Sipil maka soal-soalnya berisi soal Teknik Sipil begitu pula dengan jabatan Akuntan ataupun yang lainnya.
Pada postingan saya kali ini hanya membahas Soal TKD karena ini merupakan tahap awal yang menentukan. Soal TKD memiliki 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal, Tes Inteligensi Umum (TIU) 35 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal, jadi total ada 100 soal dengan alokasi waktu hanya 90 menit, jadi 1 menit harus menyelesaikan 1,11 soal. Cara penilaiannya unik, Masing-masing soal nilainya jika salah 0 dan jika benar 5, tapi khusus untuk TKP nilainya antara skala 1 s.d. 5, tidak ada nilai 0. Jadi jika seluruh soal dijawab dengan tepat maka nilai maksimumnya adalah 500. Tes TKD juga memiliki nilai Passing Grade yang harus dilampui oleh peserta, yakni:


 Kriteria Nilai Ambang Batas (Passing Grade)
Nilai Ambang Batas
1
 60 % dari nilai maksimal Tes Karakteristik Pribadi
105
2
 50 % dari nilai maksimal Tes Intelegensia Umum
75
3
 40 % dari nilai maksimal Tes Wawasan Kebangsaan
70

Jadi tiap peserta harus memiliki nilai 250 sebagai syarat lulus ke tahap selanjutnya, namun perlu diingat meskipun nilai kita lebih dari 250 namun bila ada salah satu nilai yang belum melampaui Nilai ambang batas maka peserta tetap dinyatakan gugur. Penjelasan lebih lanjut tentang tes TKD sudah pernah saya tulis di Kumpulan Soal TKD CPNS 2014.

Ujian TKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem CAT berbasis computer sehingga kita hanya perlu klik-klik jawaban yang muncul dilayar computer, sangat mudah. Intinya adalah persiapkan dengan matang baik mental maupun fisik.

Berikut Tips agar Lulus Tes TKD CPNS:
  1. Berdoa memohon yang terbaik kepada Alloh SWT sang Pencipta dan tak lupa minta restu kepada kedua orang tua.
  2. Pelajari kembali Pancasila, UUD 1945, bila perlu beli RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap) yang berisi tentang kewarganegaraan dan geografi Indonesia.
  3. Belajar Soal-soal TKD yang bisa di beli di Toko Buku atau bisa didownload gratis di Blog ini.
  4. Persiapkan kesehatan mental dan fisik, kurangi bergadang ketika akan ujian.
  5. Persiapkan Alat Tulis selengkap mungkin.
  6. Pada saat Ujian harus datang minimal 30 menit sebelum ujian dimulai agar bisa tenang.
  7. Posisikan tempat duduk senyaman mungkin.
  8. Jangan coba-coba untuk berbuat curang dengan mencontek atau membuka buku karena bila ketahuan akan langsung didiskualifikasi dan lagi Negara tidak butuh bibit koruptor!
  9. Kerjakan soal secara urut dan jangan dilompat-lompat karena bila waktu habis tidak ada kesempatan untuk mengisi soal yang belum dijawab.
  10. Usahakan mengerjakan soal tidak lebih dari 30 detik biar punya waktu lebih untuk mengoreksi kembali jawaban yang salah.
  11. Selalu usahakan menjawab soal walaupun sesusah apapun soal yang disuguhkan karena tidak ada nilai minus jika jawabannya salah.
  12. Bila telah selesai mengerjakan semua soal jangan terburu-buru mengklik selesai, coba cek kembali soal-soal yang belum dijawab ataupun yang sulit untuk dikerjakan.
  13. Usai mengerjakan tetap tenang dan santai sampai panitia membolehkan keluar dari ruangan.
  14. Lihat nilai di layar atau ditempat pengumuman, bila nilai kita lebih dari 450 maka selamat kita telah lulus tes TKD namun jangan tenggelam dengan euforia, perlu latihan kembali untuk menghadapi perjuangan selanjutnya untuk Ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB).
  15. Awali dengan berdoa dan diakhiri dengan berdoa pula supaya Alloh memberikan yang terbaik dengan jalan-Nya yang tidak diduga-duga.
  16. Perbanyak ibadah, seperti Sholat sunnah, Puasa dan sedekah, insyaAlloh akan diberikan jalan yang terbaik oleh Alloh.
  17. Yakinlah akan lulus, karena orang yang yakin lebih dekat dengan keyakinannya

Demikianlah Tips Lulus Tes TKD CPNS, semoga teman-teman dapat lulus dengan nilai yang memuaskan, Selamat belajar dan berdoa.

Kumpulan Soal TKD CPNS 2014 bisa di download gratis disini
Persyaratan lowongan CPNS bisa dilihat disini

Related Posts:

2 Responses to "Tips Lulus Tes TKD CPNS"

  1. paling penting ali.... jangan lupa doa orang tua, terutama ibu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mbak Nurul, Doa dan restu orang tua merupakan salah satu tips agar lulus yang utama, sudah saya tambahkan Mbak, terima kasih

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.